About

Kandungan Al-Qur’an itu secara umum mencakup tiga perkara : tauhid (aqidah), syariah (hukum-hukum), dan akhlaq. Tentang akhlaq banyak diungkapkan dalam bentuk kisah dan cerita tentang Nabi2 dan orang shalih terdahulu beserta kisah2 orang2 yang mendurhakainya untuk dijadikan pelajaran. Melalui blog ini akan dituliskan beberapa kisah dan hikmah dari kandungan Al Qur’an tersebut.

Blog ini berisi cerita dan kisah-kisah yang diambilkan dari Al Qur’an dan Hadist serta pengalaman pribadi untuk mengenalkan  Islam dan menanamkan nilai-nilai mulia yang terkandung didalamnya, khususnya pada anak-anak. Bisa dilakukan sambil apa saja. Sambil dibacakan Al Qur’an dan maknanya, sekaligus menghafalnya. Penekanannya bukan pada bagaimana alur cerita itu sesungguhnya dibangun, namun pada bagaimana moral cerita itu bisa kita “extract” dan “culture” kan pada anak-anak kita agar memiliki akhlaq mulia yg dilandasi oleh iman yg benar spt pada kisah2 tersebut. Perbedaan penafsiran, dlsb juga tidak dibahas disini- karena kami bukan ahlinya dan takut terjerumus sendiri.

Secara khusus blog ini ditujukan untuk pendidikan moral anak2 saya di rumah agar berupaya dengan sungguh-sungguh meneladani kemuliaan akhlak Rasulullah SAW. Ya, pendidikan dirumah atau home schooling, karena kami adalah madrasah utama bagi anak-anak saya. Harapannya, anak2 memiliki ‘templete-templete‘ akhlaq mulia dalam angan-angannya yang siap dipakai dalam setiap aspek kehidupannya kapan dan dimana saja.

Sumber utama tulisan tentu saja adalah Al Qur’an, kemudian Hadist serta kisah2 penuh hikmah yg tidak bertentangan dgn syariat. Banyak sekali kisah-kisah mulia yg datangnya dari Al Qur’an maupun Hadist yg belum kita gali, dikarenakan kita lebih tertarik mencari sumber2 dari luar. Jadi, inysaAllah tidak akan ditemui disini tokoh2 Disney, Naruto, Anpan-man dan sejenisnya, walaupun ada sebagian kecil manfaatnya, karena tidak sesuai dengan misi blog ini.

Cara penyampaian ke anak bisa bermacam2 bentuknya, bisa sambil apa saja, dimana saja, kapan saja dan dalam suasana apa saja. Upayakan setiap aktivitas anak bisa dikaitkan dengan pesan moral dari kisah2 tersebut agar tertanam kuat dalam dirinya kepribadian islami yg bersumber Al Qur’an dan Hadist.

Semoga tulisan2 ini menginspirasi kita selaku orang tua utk menggali lebih dalam kandungan Al Qur’an dan Hadist serta menanamkan nilai-nilai luhurnya kepada anak-anak generasi penerus kita. Dan bagi anak-anak smoga dengan mencontoh dari suri tauladan para Nabi dan Rosul serta orang2 shalih terdahulu, bisa memiliki akhlaq mulia sebagaimana Allah telah karuniakan akhlaq mulia kepada mereka. Harapannya kelak anak2 kita menjadi sumber invesatasi dunia akherat/amal jariyah kita yg disebabkan oleh dua hal. Yang Pertama krn kita “menanami” dgn bibit yang baik, yaitu kita mengajari ilmu yg bermanfaat kepada mereka, dan yang ke dua karena kita “memanen” dari apa yg kita tanam, yaitu krn mereka menjadi anak sholeh yg selalu mendoakan kita. Amiin.

Tidak ada copyright, copyright hanyalah milik Allah, kami hanya menyampaikan. Apabila ada yg baik dan bermanfaat, ambil dan sebarkanlah. Apabila ada yg salah dan keliru, ingatkanlah dan sampaikanlah kepada kami.

Jazakallah khoiran katsiro.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s