Memulai Homeschooling: Niat

Adaperasaan berat utk memulai sesuatu, apalagi bila bertentangan dengan ‘mainstream’ yg ada disekitar kita, seperti keluarga, masyarakat atau lingkungan pendidikan. Demikian juga dgn memulai HS bagi anak2 kami. Bahkan pertentangan itu justru awalnya dimulai dari diri kita sendiri, berupa keraguan utk memulai HS. Apalagi banyak pihak luar juga mempengaruhi dgn mengatakan anak2 HS kuper dan individualis atau gagal dalam sosialisasi, misalnya.

Namun kembali kepada niatan kami semula, bahwa anak adalah investasi dunia akherat yg akan menjadi tabungan kita kelak, maka apa yg kita tanam sekarang akan kita panen kelak. Olehkarenanya menjadi kewajiban kita selaku orang tua adalah memberikan pendidikan yg baik bagi anak2nya. Sedang bersekolah adalah hak yg merupakan pilihan anak. Jalan yg ‘ringan’ adalah menyekolahkan anak2 sehinggaorang tua bebas dan leluasa utk melakukan rutinitas spt bekerja, kuliah atau dirumah saja.Sedang jalan yg lebih berat adalah dengan mendidiknya sediri, mengajarinya berhitung dan membaca, serta beberapa ilmu yg bermanfaat yg akan jadi bekal hidupnya kelak.

Setelah dicoba jalan yg ringan, ternyata hanya bisa berjalan bbrp bulan (3 bulan utk A2 dan 16 bulan A1). Mereka kemudian bersepakat utk memilih belajar di rumah dan tidak mau pergi sekolah lagi. Maka, mulai saat ini menjadi tanggungjawab kami sepenuhnya utk memberikan pendidikan terbaikk buat mereka.

InysaAllah dgn jalan HS ini akan didapat dua keuntungan sekaligus, yaitu pahala yg tiada henti krn mengajari ilmu yg bermanfaat pada anak2 kami, dan yg kedua mendapat balasan pahala kelak yg juga tiada henti karena doa anak2 kita yg sholeh dan sholehah krena kita yang mendidiknya. InsyaAllah.

Jadi kami memilih jalan yang berat saat ini, inysaAllah karena niat yg ikhlas bukan keterpaksaan apalagi ikut-ikutan. Terimakasih anak2ku yg engkau lebih memilih kami sebagai guru dan panutan dalam kehidupan masa depanmu. Semoga melalui dirimu, engkau bawa kami ke syurgaNya. Amiin.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Homeschooling dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Memulai Homeschooling: Niat

  1. Ping balik: Memulai HS: Persiapan Mental | Story and History

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s