Apakah menurut anda aku telah berbakti kepadanya?

Renungkanlah kisah ini, anak-anakku…

Suatu saat di tengah jamaah haji yang sedang sibuk bertawaf di Masjidil Haram,…. saat sinar matahari bersinar sangat panas, …. kerumunanmanusia yang begitu padat dan orang-orang berdiri di depan Ka’bah sambil berdoa kepada Allah swt. Ada seorang lelaki dari negeri Yaman sedang menggendong ibunya. Keringat mengucur deras dari tubuhnya dan nafasnya terngah-engah…. Dia tawaf sambil menggendong ibunya yang lumpuh. Dia merasa bahwa salah satu kewajibannya adalah membalas segala kebaikannya. Dulu dirinya juga dikandung oleh ibunya kemudian lahir menjadi bayi yang disapihnya.

Pemuda itu teringat bahwa Sang ibu rela begadang agar sang anak dapat tidur nyenyak. Ibunya menahan rasa laparnya agar anaknya bisa makan dengan kenyang.Dia tahan rasa haus dan dahaganya agar anaknya tak kehausan. Pemuda itu, dengan menggendong ibunya sambil bertawaf, dia mengira bahwa dia benar-benar telah membalas segala pengorbanan itu.

Anak laki-laki itu bertemu dengan shahabat Rasulullah SAW yang bernama Ibnu Umar ra. Pada saat Ibnu Umar ra berdiri di makam Ibrahim pemuda itu menyapanya. ”Wahai Ibnu Umar, ini adalah ibuku. Apakah menurut anda aku telah berbakti kepadanya?”Ibnu Umar ra menjawab,”Demi Zat yang jiwaku berada dalam genggamanNya, belum…..walau hanya satu penderitaan saja….” Jawab Ibnu Umar, ”Semua usaha, derita dan keletihan yang kamu rasakan, sama sekali tidak sebanding dengan pengorbanan dan rasa sakit yang diderita oleh sang ibu ketika melahirkanmu….”

Sumber: Konsultasi Keluarga Eramuslim.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Akhlaq, Kisah orang shalih dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s